Investasi syariah

Investasi syariah merupakan investasi penanaman modal yang berpedoman pada prinsip-prinsip syariah Islam. Prinsip inilah yang menjadi pembeda antara investasi syariah dengan investasi konvensional.

Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh para investor dalam berinvestasi syariah, misalnya terhindar dari praktek riba, mengedepankan azaz kekeluargaan, oleh sebab itu resiko yang akan ditanggung cenderung kecil, dan manfaat dari investasi syariah selain dirasakan oleh para nasabah, orang lain juga bisa merasakan.

Lantas apa saja produk investasi syariah?

Berikut adalah beberapa investasi syariah yang patut Anda coba.

1. Investasi Deposito Syariah

Investasi Deposito Syariah adalah salah satu jenis investasi syariah yang sering dipilih oleh masyarakat Indonesia. 

Investasi ini merupakan produk tabungan berjangka yang tersedia di semua perbankan syariah yang ada di Indonesia. Dan metodenya pun mirip dengan investasi konvensional. Selain itu investasi ini juga dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Simulasinya adalah Anda menyimpan dana, kemudian pihak bank mengelola dana tersebut sampai batas waktu yang telah disepakati. Nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan setiap bulannya dari persentase yang telah disepakati.

Perbedaanya dengan deposito konvensional adalah deposito syariah menerapkan sistem bagi hasil dari investasi terhadap produk usaha yang halal, sedangkan deposito konvensional menerapkan sistem bunga.

2. Investasi Emas Syariah

Investasi syariah berikutnya yang patut Anda coba adalah investasi emas. Investasi ini juga tak kalah menggiurkan, sebab biasanya jenis investasi ini bisa naik tiap tahunnya, bisa diuangkan, hanya dengan modal kecil dan dapat dilakukan dengan cara digital. Itulah sebabnya mengapa produk ini jadi pilihan banyak orang.

3. Investasi saham syariah

Di lansir dari laman an-nur.ac.id, Maksud dari investasi saham syariah ialah saham yang diperdagangkan di bursa saham sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Saham syariah hanya boleh diterbitkan oleh perusahaan yang bergerak pada produk halal.

Saham syariah menjalankan konsep penyertaan modal dengan memberlakukan sistem bagi hasil usaha. Saham syariah dalam praktiknya di awasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dewan Pengawas Syariah fungsinya untuk memantau aktivitas perusahaan-perusahaan agar tetap dalam prinsip syariah.

4. Investasi Obligasi Syariah

Pilih investasi syariah terbaik berikutnya ialah obligasi syariah merupakan surat produk utang yang dikeluarkan dengan prinsip syariah. Dalam hal ini perusahaan biasanya menggunakan obligasi syariah guna untuk mendapatkan modal.

Teknik dari obligasi syariah ialah investor tidak akan memperoleh bunga akan tetapi mendapatkan imbal hasil dari manfaat pendayagunaan dana obligasi syariah tersebut.

5. Investasi Reksadana Syariah

Investasi Reksadana Syariah patut jadi alternatif investasi Anda berikutnya. Adapun Metode dari sistem investasi Reksadana Syariah ialah manajer investasi sebagai pengumpul dana dari investor akan mengelola dana tersebut pada piranti investasi seperti obligasi, produk pasar saham, dan atau pasar uang yang menjalankan prinsip syariah Islam.

Manajer investasi tidak akan menanamkan modal para investor dalam saham-saham perusahaan yang tidak sesuai dengan syariat Islam, misalnya minuman keras. Manajer investasi biasanya hanya mengatur Reksadana yang biasa terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES).

6. Investasi Properti

Investasi Properti memiliki keuntungan diantaranya risiko yang lebih rendah, nilai jual terus meningkat naik dan apabila disewakan atau dikontrakkan maka investor akan mendapatkan penghasilan tetap. Jadi, investasi ini perlu anda coba terlebih bagi Anda yang hobi di bidang ini.

7. Investasi P2P Lending Syariah

Investasi P2P yakni Peer to Peer Lending maksudnya adalah konsep pendanaan yang menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan pencari pinjaman. Investasi syariah yang saat ini lagi naik daun.

Investasi P2P dalam prakteknya dimana pendanaan yang digunakan untuk memberikan modal usaha untuk para pengusaha yang kegiatan usahanya tidak melanggar aturan syariah.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan Investasi Syariah yang patut Anda coba untuk jadi alternatif investasi Anda.

Terimakasih telah berkunjung ke website kami, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda.