Syarat pinjaman bank mekar

Bank mekar adalah singkatan dari Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Mekar merupakan produk dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero).

Tujuan utama dari bank mekaar adalah memberikan layanan khusus bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

Pinjaman Mekar adalah layanan pinjaman modal yang diluncurkan pada tahun 2015 untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM, yamg pada dasarnya memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam sebuah usaha yang digeluti. Namun keterbatasan modal kerja menyebabkan keterampilan usaha mereka kurang berkembang.

Oleh karenanya, Perusahaan menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha dalam rangka menggapai cita-cita dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kelebihan dari bank Mekar adalah ditujukan hanya untuk ibu-ibu keluarga sejahtera.


Apa Saja Syarat Pinjaman Bank Mekar?

Dalam artikel ini, kami akan membahas syarat pinjaman bank mekar yang perlu Anda penuhi agar dapat memperoleh pinjaman dari Bank Mekar dengan mudah dan lancar. Mendapatkan pinjaman dari bank seringkali menjadi salah satu solusi keuangan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Bank Mekar sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka juga menawarkan beragam jenis pinjaman dengan syarat yang dapat dipenuhi oleh calon peminjam.

Apa saja syarat mengajukan pinjaman ke Bank Mekaar

  1. Perempuan prasejahtera pelaku UMKM.
  2. Berusia 18 sampai dengan 55 tahun.
  3. Telah memiliki modal kerja.
  4. E-KTP dan surat lainnya
  5. Fotokopi Identitas Diri.
  6. Membuat kelompok minimal 10 orang dengan satu ketua kelompok
  7. Surat/Dokumen Agunan
  8. Sanggup melakukan setoran rutin untuk membayar angsuran untuk semua anggota group

Berapa Minimal Pinjaman di Mekar?

Berapa pinjaman awal mekar? pertanyaan ini biasa muncul dari nasabah baru yang ingin mengajukan pinjaman ke Bank Mekaar. Mengenai besaran pinjaman yang akan diperoleh para nasabah Mekaar adalah berkisar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per nasabah terus meningkat untuk pinjaman biasa. Nantinya nasabah diharuskan mengikuti skema cicilan perminggu, untuk pinjaman Rp 2 juta cicilan Rp 50.000 per minggu selama 50 minggu atau dengan skema cicilan  Rp 90.000 per minggu selama 25 minggu. Sedangkan untuk Syarat Pinjaman PNM Mekaar plus mulai dari Rp 15.000.000 hingga Rp 25.000.000.

Baca juga 6 Strategi Jitu Mengelola Keuangan Keluarga agar Tidak Boros


Cara pinjam uang agar berhasil

Berikut ini adalah beberapa tips pinjam uang di bank agar  berhasil.

1. Memiliki Skor Kredit yang Baik

Skor kredit adalah riwayat pinjaman yang telah Anda jalani. Jika Anda memiliki skor kredit yang baik, maka pihak bank akan mempertimbangkan Anda untuk diberikan pinjaman.


2. Penuhi persyaratan dari Bank
Jika proses pengajuan pinjaman anda ingin segera berhasil, maka penuhilah persyaratan-persyaratan yang diberikan oleh pihak bank.

3. Sesuaikan Pengajuan Pinjaman dengan Penghasilan

Jika penghasilan anda di bawah Rp 10 juta perbulan, jangan mengajukan pinjaman lima kali lipat di atasnya. Tentunya pihak bank akan mau mengambil resiko dengan meminjamkan uang kepada nasabah yang di anggap tidak mampu melunasinya.


Demikianlah ulasan mengenai syarat pinjaman bank mekaar serta beberapa ulasan terkait minimal pinjaman bank mekaar dan beberapa tips mengajukan pinjaman ke bank.

Mudah-mudahan bermanfaat terimakasih.