Tiktok shop buka lagi 10 november, kapan tiktok shop buka lagi, kapan tiktok shop dibuka lagi di Indonesia,  Benarkah 10 November 2023 tiktok shop buka lagi?.

Beredar kabar viral di dunia maya... Tiktok shop buka lagi 10 november, dan banyak yang bertanya tiktok shop buka lagi tanggal berapa, kapan tiktok shop dibuka lagi di Indonesia, ini Penjelasan Kemendag! Benarkah 10 November 2023 tiktok shop buka lagi?.

Apa penyebabnya tiktok shop ditutup?

TikTok Shop ditutup penyebab utamanya adalah terkait izin usaha yang berlaku di Indonesia. Izin TikTok Shop di Indonesia hanya sebagai media sosial dari Kominfo dan bukan media penyelenggara perdagangan dari Kemendag.


Tentu penutupan TikTok Shop ini berdampak signifikan landscape e-commerce di Indonesia.

Namun setelah sempat ditutup, kabar mengenai TikTok Shop akan dibuka kini menjadi isu perbincangan hangat, terutama bagi para pelaku usaha dan konsumen di Indonesia.

Kapan tiktok shop dibuka lagi?

Mengutip dari berbagai sumber terpercaya Kemendag (Kementerian Perdagangan) belum memastikan mengenai kapan tiktok shop dibuka lagi, apakah TikTok Shop dibuka lagi pada November 2023, belum ada informasi yang kongkrit.

Belum ada jaminan bahwa TikTok Shop akan kembali beroperasi pada 10 November 2023.

Zulkifli Hasan (Mendag RI) menekan platform TikTok harus menata ulang model bisnisnya dengan memisahkan fungsi social e-commerce dan memperoleh izin yang sesuai.

Dari pemaparan di atas, nampaknya para pelaku usaha dan pengguna setia TikTok Shop Indonesia harus menunggu lebih lama untuk melihat kembali keranjang kuning ikonik tersebut.

Hal ini tergantung pada beberapa faktor termasuk persyaratan regulasi dari Kemendag.