Cara bayar BPJS kesehatan di m banking
Pexels.com

BPJS kesehatan merupakan solusi menghemat biaya berobat, namun untuk bisa menikmati manfaat layanan BPJS kesehatan peserta diharuskan membayar iuran rutin sebelum tanggal 10 setiap bulan. Jika telat satu minggu dari tanggal jatuh tempo, maka status kepesertaan akan dinonaktifkan

Lalu, bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan dan memastikan pembayaran berhasil?

Melakukan pembayaran BPJS kesehatan dapat dilakukan secara offline maupun online. Membayar BPJS secara offline melalui minimarket, kantor pos atau mendatangi kantor cabang BPJS.

Sedangkan membayar BPJS secara online dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking, dompet digital, e-commerce, ATM dan aplikasi JKN.

Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai cara bayar BPJS kesehatan di m banking Mandiri, BNI, BSI dan m banking BCA.

Bayar BPJS Kesehatan di m banking Mandiri

Dikutip dari laman bankmandiri.co.id, berikut ini adalah cara bayar iuran BPJS kesehatan untuk peserta Mandiri lewat Livin’ by Mandiri


Silahkan buka aplikasi Livin Mandiri masukkan password

Pilih menu "Bayar" pilih menu "BPJS"

Selanjutnya anda akan disuguhkan tampilan halaman pilihan layanan BPJS,

Silahkan pilih menu "BPJS kesehatan keluarga"

Silahkan masukkan nomor virtual account, untuk pembayaran BPJS lewat mandiri diawali kode 89888 diikuti sebelas angka nomor BPJS dihitung dari nomor yang paling terakhir.

Jika sudah selesai memasukkan nomor virtual account-nya silahkan pilih jumlah bulan yang akan dibayarkan (satu bulan atau dua bulan) terserah anda.

Apabila sudah selesai semua silahkan klik menu "Lanjutkan"

Berikutnya akan ada tampilan nama pemilik dan jumlah tagihan, tekan saja menu "Lanjutkan". Kemudian akan ada tampilan konfirmasi data apabila sudah benar silahkan tekan menu "Lanjut Bayar"

Silahkan masukkan PIN Livin Mandiri, Proses pembayaran iuran BPJS kesehatan berhasil.

Baca selengkapnya Strategi jitu mengelola keuangan keluarga agar tidak boros

Bayar BPJS Kesehatan di m banking BNI


Langkah pertama silahkan login ke aplikasi m banking BNI, silahkan pilih "Menu lengkap".
Silahkan cari dan klik menu "BPJS kesehatan"
Kemudian klik menu "input baru" pada kolom VA untuk memasukkan kode peserta. Pembayaran BPJS lewat m banking BNI, nomor virtual account BNI yaitu 88888 (angka 8 sebanyak 5 kali) diikuti 11 nomor kartu BPJS Kesehatan Anda dari akhir.

Pilih jumlah bulan yang akan dibayarkan, klik menu "Lanjut". Kemudian akan muncul tampilan nama pemilik dan jumlah tagihan, silahkan dicek kembali. Jika sudah benar silahkan klik "Lanjut".

Silahkan lanjutkan pembayaran dengan memasukkan kode PIN m banking BNI anda lalu klik "Lanjut" silahkan tunggu notifikasi pemberitahuan proses pembayaran BPJS telah berhasil.

Bayar BPJS Kesehatan di m banking BSI

Sama seperti perbankan lainnya, Bank Syariah Indonesia (BSI) juga menyediakan layanan pembayaran BPJS di aplikasi mobile banking. Nah seperti apa caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut

Buka aplikasi BSI Mobile Banking

Pada laman menu utama terdapat menu "Bayar" silahkan diklik dan pilih menu BPJS.

Setelah Anda menekan Menu BPJS silahkan pilih menu "Kesehatan".

Berikutnya silahkan masukkan nomor virtual account-nya (VA)  dan klik SELANJUTNYA.

Masukkan jumlah bulan pembayaran, klik menu SELANJUTNYA

Masukkan PIN mobile banking anda, klik menu SELANJUTNYA. Proses pembayaran BPJS kesehatan di m banking BSI telah selesai, jika Anda berhasil anda akan mendapatkan notifikasi proses pembayaran telah berhasil.

Tambahan informasi,  dikutip dari akun @andikadika54 untuk pembayaran BPJS nomor virtual account BSI, bisa anda menggunakan nomor virtual account MANDIRI 89888.

Bayar BPJS Kesehatan di m banking BCA

Untuk pembayaran BPJS kesehatan lewat aplikasi mobile banking BCA anda dapat mengikuti langkah berikut

Buka aplikasi BCA Mobile kemudian klik menu "m-Payment"

Pilih menu BPJS dilanjutkan pilih jenis "BPJS KESEHATAN". 

Di Menu "Dari rekening", silahkan nomor rekening Anda

Pada menu “Input No. Bayar” masukkan nomor BPJS Anda. Selanjutnya klik OK

Setelah itu anda akan melihat tampilan notifikasi "Transaksi dapat dilakukan setelah lampu indikator berwarna hijau".

Setelah itu akan muncul tampilan m-Payment, silahkan dicek apakah sudah benar, jika sudah benar silahkan tekan OK.

Masukkan PIN mobile banking BCA Anda, selanjutnya akan mendapatkan pemberitahuan, proses transaksi Berhasil.

Cara mengecek apakah BPJS sudah dibayar atau belum?

Was-was, mungkin itu yang dirasakan sebagian peserta BPJS apakah iuran BPJS yang sudah disetor sudah dibayar atau belum, sudah berhasil diproses atau tidak?

Tidak perlu khawatir, jika Anda sudah melakukan pembayaran BPJS dan ingin mengetahui statusnya apakah terlunasi atau belum, Anda cukup melakukan pengecekan melalui Website resmi BPJS atau melalui Aplikasi Mobile JKN. Seperti apa caranya

1. Website resmi BPJS

Jika Anda ingin mengetahui status pembayaran BPJS yang sudah disetor, anda cukup cek di website bpjs-kesehatan.go.id/bpjs. Selanjutnya klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” masukkan nomor kartu, tanggal lahir, kode validasi. Setelah itu tekan "Cek" maka informasi mengenai pembayaran BPJS akan tampil.

2. Aplikasi Mobile JKN

Mobile JKN merupakan aplikasi milik BPJS kesehatan, melalui aplikasi ini, Anda dapat mengecek pembayaran BPJS, selain itu Anda juga bisa berkonsultasi dan juga bisa daftar berobat. Untuk mengetahui status pembayaran BPJS kesehatan, Anda cukup tekan menu "Lainnya" terus pilih “Info Iuran” maka data status pembayaran BPJS akan muncul.

Itulah beberapa cara bayar BPJS kesehatan di m banking Mandiri, BNI, BSI dan BCA.

Semoga bisa membantu pembaca sekalian.